Wednesday, October 13, 2004

IT oh IT

Semakin terlibat dalam office's ups and downs. Perubahan sudut pandang, dari outsider menjadi insider. Proses itu terjadi lagi. Bedanya banyak. Kalo lihat dari luar, tinggal pake criticism aja. Kalo udah di dalem, musti paham kenapa terjadi, hubungannya gimana dengan aspek lain, kalau diubah impactnya apa, dan gimana caranya.

Typical IT company, night calls, subuh calls, weekend surprises. Pop up problems along the way. Last second changes, perubahan resources, shortage of resources. Dinamis. No matter ada di posisi mana, tapi kalo udah cukup senior, pasti deh, terlibat heavily dalam case-case semacam itu.

Plan yang jangka panjang jadi nomor 2, lebih baik punya kamus/vocab/repository plus guts dan kreativitas untuk bisa solve masalah dengan cepat, cukup akurat. Kalo ternyata salah, perbaiki sambil jalan. Jahit celana sambil jalan - ini pengibaratan yang aku rasakan betul di IT industries. Nggak ada waktu untuk mikir berlama-lama. Kenapa istilahnya ibarat ya? Bukannya iselatan, atau itimur, atau iutara?

Seru juga. Lama2 jadi punya instink untuk gerak cepat, smell problems before occuring. Plannya lebih pas jangka pendek, dan sangat di-drive oleh sales, client needs, project. Komitmen terhadap mobilisasi resources juga gila2an. Jangan harap bisa bikin session in house training, semua orang gitu. Harus ada cara yang lebih kreatif untuk bisa train resources.

Soal rekrut-merekrut juga musti gerak cepat. Cara kayak di manufacturing, bikin annual recruitment plan gitu nggak bisa jalan di IT. Paling bisanya bikin resources forecasting, dari sales plan. Itupun ya tentative. Bisa mengendus kebutuhan resources 2-3 bulan sebelum kejadian sungguh suatu kemewahan. Lebih sering dalam hitungan minggu harus bisa fulfill kebutuhan orang. Kalo nggak bisa, komitmen ke client in danger. Dan karena client adalah raja, udah kebayang dong pressure semua orang terhadap pencapaian target nyari orang itu....

Partisi2 kerjaan tipis. Jump around dari HR, ke Finance, ke Sales, Production, is very frequent. Paling nggak bantu mikir dan cari cara. Kalo ada case urgent, so called management team ngumpul tanpa mikir ini masalah siapa/bagian mana, yang penting solved quickly, with less damage.

Itulah IT. Sejauh yang aku tahu.


No comments: